Kamis, 02 Mei 2019

Jurusan TKJ: Kekurangan dan Kelebihan-jurusan tkj terbaik majalengka
Jurusan TKJ: Kekurangan dan Kelebihan-jurusan tkj terbaik majalengka




kursus komputer majalengka


Di Indonesia ketika ini, ada tidak sedikit SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang meluangkan jurusan TKJ. Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) pun menjadi di antara jurusan sangat diunggulkan dan digemari yang dapat kamu pilih di SMK. Hal ini yang menciptakan persaingan guna masuk ke jurusan ini lumayan sulit.

Salah satu dalil memilih jurusan TKJ tentu sebab kelebihan jurusan Teknik Komputer Jaringan yang tidak dipunyai jurusan lainnya. Namun, selain sekian banyak  kelebihan yang ditawarkan oleh jurusan ini, pasti ada pun kekurangan yang mesti anda pertimbangkan.

Lantas, apa saja keunggulan dan kelemahan jurusan TKJ yang terdapat di SMK di Indonesia? Berikut ini keunggulan dan kelemahan dari jurusan Teknik Komputer Jaringan yang mesti anda ketahui.

Kelebihan Jurusan TKJ



Kelebihan jurusan TKJKetika anda memutuskan untuk memungut jurusan TKJ di SMK ada sejumlah kelebihan yang akan anda dapatkan. Beberapa keunggulan jurusan TKJ merupakan:

Pembahasan yang Lengkap
Kelebihan jurusan Teknik Komputer Jaringan yang kesatu ialah ilmu yang diserahkan sepanjang anda menempuh edukasi akan paling lengkap. Hampir seluruh dasar ilmu komputer bakal diajarkan di jurusan TKJ.


Pada semester kesatu atau ruang belajar X anda akan mempelajari mengenai software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) secara umum. Kamu tidak melulu belajar menggunakannya, tapi pun diajarkan unsur dan faedah dari setiap perangkat tersebut.

Kamu pun akan menerima pelajaran pembelajaran mengenai dasar-dasar sistem operasi. Materi yang diserahkan seputar mengenai jenis-jenis sistem operasi, pertumbuhan sistem operasi, dan teknik meng-install serta memakai sistem operasi tersebut. Biasanya anda akan diberikan teknik meng-install dan bagian-bagian dari Windows dan Linux. Kedua jenis sistem operasi ini paling tidak sedikit digunakan.

Materi lainnya yang pun akan diajarkan ialah tentang jaringan komputer. Kamu bakal belajar mulai dari jenis-jenis jaringan, kabel jaringan, server, dan sekian banyak  materi beda seputar jaringan. Pelajaran tentang teknik membuat kabel Cross dan Straight menjadi pelajaran yang tentu akan anda temukan di jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Ilmu lainnya laksana konversi bilangan dari biner hingga ke hexa akan anda temukan di jurusan TKJ. Siswa-siswi jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) pun belajar mengenai troubleshooting komputer. Kamu bakal belajar masalah-masalah yang sering hadir pada perlengkapan komputer serta teknik memperbaikinya.

Pada tingkat yang lebih tinggi, anda akan diajarkan tentang teknik menyeting server di jaringan komputer. Kamu pun akan belajar merakit komputer dari bagian-bagiannya menjadi satu komputer utuh. Materi seputar programming pun akan diserahkan sepanjang anda menempuh pendidikan.

Sebagian besar materi-materi ini memang diserahkan dasar-dasarnya saja. Kamu bisa mengembangkan ilmu-ilmu ini cocok dengan minat yang anda inginkan.

Ilmu Teori dan Praktik Kerja
Di samping menerima ilmu di bangkus sekolah, sebagai murid SMK jurusan TKJ anda akan melalui masa praktek kerja. Praktek Kerja Industri (Prakerin) atau yang lebih tidak jarang disebut magang adalahsalah satu teknik belajar di SMK.

Prakerin menciptakan ilmu dan teori yang telah diajarkan di bangku sekolah bisa diterapkan secara langsung. Semua jurusan di SMK akan melalui masa prakerin ini. Hal berikut yang memisahkan sistem belajar di SMK dan SMA. Prakerin akan menciptakan siswa mengenal lingkungan kerja yang sesungguhnya.

Ya, siswa-siswi yang telah tamat dari SMK memang diinginkan dapat langsung menjadi tenaga kerja meskipun tidak melanjutkan edukasi ke tingkat universitas. TKJ pun menjadi di antara jurusan yang mempunyai program magang atau prakerin.

Ada tidak sedikit tempat magang yang dapat dipilih anak-anak jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK. Kamu bisa memilih lokasi service komputer, lembaga IT di universitas, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang IT, dan sekian banyak  instansi lainnya.

Selama prakerin anda akan diajarkan cara-cara berhadapan dengan sesama pekerja, konsumen perusahaan, dan teknik penerapan ilmu yang anda miliki di dunia kerja.

Kualitas hasil prakerin ini paling bergantung pada lokasi yang anda pilih untuk mengerjakan prakerin. Kamu dapat mencari informasi terlebih dahulu sebelum menyimpulkan prakerin di sebuah tempat. Kamu pun dapat menanyakan untuk pihak sekolah untuk menolong menemukan lokasi prakerin yang dapat menambah ilmu yang sudah anda miliki.

Beberapa lokasi prakerin bahkan langsung menerima murid sebagai pekerja di akhir masa prakerin. Sehingga setelah anda menjalani prakerin anda dapat langsung bekerja di lokasi tersebut. Hal ini pun bergantung pada kinerja yang anda berikan sekitar prakerin.

Peluang Kerja yang Luas
Saat ini ada tidak sedikit perusahaan dan instansi pemerintah yang memerlukan orang-orang yang berpengalaman di bidang komputer. Hal berikut yang menciptakan peluang kerja alumni jurusan TKJ paling tinggi.

Selain dapat mencari kerja, anda juga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri sesudah tamat dari jurusan Teknik Komputer Jaringan. Kamu dapat menyediakan jasa instalasi, perbaikan komputer, dan sekian banyak  jasa lainnya di bidang komputer.

Kamu tidak butuh takut berlomba dengan tamatan-tamatan dari universitas. Pekerjaan di bidang komputer lebih mengutamakan keterampilan atau skill di bidang komputer dikomparasikan gelar akademik.

Jika anda mempunyai skill yang sama baiknya dengan alumni universitas, maka anda punya kesempatan besar guna mendapatkan kegiatan setelah lulus SMK.

Kekurangan Jurusan TKJ

Kekurangan jurusan TKJ


Di samping memiliki sejumlah kelebihan, pasti ada pun kekurangan yang mesti anda pertimbangkan dari jurusan TKJ. Umumnya, jurusan TKJ di SMK-SMK di Indonesia memiliki sejumlah kekurangan tersebut:

Biaya Sekolah yang Tinggi
Sudah menjadi rahasia umum bila jurusan TKJ membutuhkan ongkos yang lumayan mahal dikomparasikan jurusan beda di SMK. Hal ini sebetulnya wajar menilik materi yang diajarkan di jurusan TKJ.

Untuk menjadi murid di jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) anda membutuhkan perlengkapan komputer yang bakal menunjang proses belajar mengajar. Sebenarnya urusan ini tidak wajib. Namun, pernahkan anda bayangkan bagaimana metodenya mempelajari komputer tanpa mempunyai perangkat komputer tersebut sendiri?

Kamu pun akan melakukan pembelian peralatan guna proses belajar mengajar. Kamu pun pasti telah menyadari bahwa perlengkapan yang bersangkutan dengan komputer dan teknologi informasi tidak terdapat yang murah.

Beberapa misal peralatan yang akan anda beli saat masuk ke jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ialah crimping, kabel UTP, RJ 45, dan cable tester.

Kamu mesti bersiap menerbitkan uang lebih guna menempuh edukasi di jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Jangan hingga proses belajarmu menjadi terganggu di tengah jalan sebab masalah biaya.

Teknologi yang Kurang Update
Saat ini teknologi telah berkembang dengan paling pesat. Bahkan nyaris setiap hari terdapat pembaharuan di dalam dunia teknologi. Namun, laksana yang anda ketahui bareng juga bahwa sistem edukasi di Indonesia lumayan sulit menyesuaikan dengan peradaban teknologi ini. Hal ini pun berlaku ketika anda memilih masuk ke jurusan TKJ.

Jurusan yang bersangkutan dengan dunia komputer ini mestinya mengajarkan teknologi komputer cocok dengan perkembangannya. Akan tetapi, kurikulum jurusan Teknik Komputer Jaringan (TK) yang dipakai di Indonesia mayoritas masih sama laksana yang dulu.

Ilmu yang diajarkan mayoritas masih ilmu-ilmu lama. Jika anda tidak meng-update sendiri ilmu di bidang teknologi komputer, maka anda akan lumayan tertinggal.

Beberapa misal ilmu yang tidak cukup update ialah ilmu mengenai jaringan komputer. Kamu tahu bahwa ketika ini jaringan komputer di dunia sudah memakai fiber optik atau wireless (tanpa kabel).

Ketika anda belajar di SMK, anda masih bakal diajarkan teknik membuat jaringan komputer dengan memakai kabel UTP dan RJ 45. Padahal jaringan komputer laksana ini telah mulai ditinggalkan oleh sejumlah perusahaan yang mengharapkan kinerja yang lebih cepat dan baik di perusahaan mereka

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Contact Us

Phone :

+20 010 2517 8918

Address :

3rd Avenue, Upper East Side,
San Francisco

Email :

email_support@youradress.com

Tags

Most Recent

3/recent/post-list

Recent in Fashion

3/Fashion/post-list

Facebook

Most Popular